Tutorial | Games | News | Download

Cara ini mulai saya praktekkan dan pelajari sejak kejadian penculikan via Facebook. Pertama, konfirmasi dulu permintaan dia(untuk mendapatkan akses penuh ke halaman profilenya) lalu ikuti cara berikut :

– Perhatikan jumlah mutual friend. Kalau hanya sedikit bahkan tidak ada mutual friend, patut dicurigai dari mana dan untuk apa dia mengirimkan permintaan teman.
– Buka profilenya. Apa saja yang tertulis dalam profilenya. Page dan group apa saja yang dia ikuti.
– Lihat wall yang ada pada profilenya. Cek apakah ada pembicaraan yang mencurigakan. Untuk lebih detailnya, cek juga wall to wall dia dengan teman-temannya.
– Lihat foto-foto dan video yang ada. Apakah ada yang mencurigakan.
– Buka note dan link yang pernah dia tulis. Apakah ada yang terlihat berbahaya.
– Lihat recent activity pada profilenya. Terutama status update. Cek apakah ada yang mencurigakan.
– Lihat teman-temannya. Apakah mereka terlihat berbahaya.
– Lihat tab dan box pada profilenya. Apakah ada aplikasi Facebook yang mencurigakan.

Setelah yakin dengan apa yang ada, maka selanjutnya adalah hak anda untuk mulai bersosialisasi dengan dia. Tetapi waspadai pula jika dia memulai perkenalan melalui message. Mengapa ?
Melalui message adalah hal yang tertutup dari orang lain. Hal ini memungkinkan dia untuk berbicara yang melebihi batas kepada anda(karena dia merasa aman sebab tidak ada orang yang melihat).
Tapi bila anda merasa curiga terhadap orang ini, maka selanjutnya yang harus dilakukan antara lain :
1. Menghapus dia dari daftar teman – Karena sebelumnya anda telah mengkonfirmasi tetapi hanya untuk mendapatkan akses ke profilenya, maka sekarang adalah untuk menghapus dia dari daftar teman anda.
2. Memblokir dia dari acoount anda – Untuk mencegah dia mengirimkan permintaan teman kembali. Buka profilenya lalu klik tombol ”report abuse”. Centangi checkbox ”block user” lalu klik ”Ok”.
3 Melaporkan kejadian ini ke pihak Facebook (administrator) – Buka profilenya lalu klik tombol Report Abuse (laporkan penyalahgunaan). Centangi checkbox ”report user” lalu pilih opsi ”Threaten me or other” lalu pilih ”Friend Request”.
4. Memblokir sekaligus melaporkan – Melaporkan ke admin Facebook sekaligus memblokir orang ini. Buka profilenya lalu klik ”Report Abuse”. Centangi checkbox ”report user” dan ”block user”. Lalu pada report user, pilih opsi ”Saya tidak mengenali orang ini”.

Semoga bermanfaat🙂 .

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Awan Tag

%d blogger menyukai ini: