Tutorial | Games | News | Download

1.Berkas:Yellowstone River in Hayden Valley.jpg

Yellowstone Caldera adalah kaldera vulkanik di Taman Nasional Yellowstone di Amerika Serikat. Kaldera ini terletak di sudut barat laut Wyoming, di mana sebagian besar terdapat taman. Kaldera ini berukuran sekitar 55 kilometer (34 mil) sebesar 72 kilometer (45 mil) sebagaimana ditentukan oleh kerja lapangan geologi yang dilakukan oleh Bob Christiansen dari Survei Geologi Amerika Serikat pada 1960-an dan 1970-an. Setelah program sains televisi BBC menciptakan istilah Supervolcano pada tahun 2005, Yellowstone sering disebut sebagai Supervolcano Yellowstone.

Letusan Supervolcano Yellowstone
Para Lava Creek mengatakan letusan yang terjadi hampir 640.000 tahun yang lalu mengeluarkan sekitar 240 kubik mil (1000 kilometer kubik) batu dan debu ke langit.
Geologi sangat memantau naik dan turun dari Yellowstone Plateau, yang rata-rata ± 0,6 inci (sekitar ± 1,5 cm) tahunan, sebagai indikasi perubahan dalam tekanan magma.
Gerakan ke atas dari lantai kaldera Yellowstone-hampir 3 inci (7 cm) setiap tahun, selama tiga tahun yang terjadi adalah tiga kali lebih besar daripada yang pernah diamati sejak pengukuran semacam itu dimulai pada tahun 1923. Pertengahan musim panas 2004 hingga 2008, permukaan tanah di dalam kaldera telah bergerak ke atas, sebanyak 8 inci di White Lake stasiun GPS. US Geological Survey, Universitas Utah, National Park Service, dan ilmuwan dari Yellowstone Volcano Observatory mempertahankan bahwa mereka tidak melihat bukti bahwa letusan dahsyat seperti itu lagi akan terjadi di Yellowstone di masa yang akan datang. Recurrence interval peristiwa ini tidak teratur dan tidak dapat diprediksi.

Yellowstone telah memasuki masa siklusnya beberapa tahun ke depan.. Tidak menutup kemungkinan gunung supervolcano ini akan meledak seperti 64.000 tahun yang lalu..

Bila hal ini terjadi berarti kiamat lah kita penduduk bumi.. Asap dan debu yang dikeluarkan akan menutup seluruh bumi sehingga sinar matahari tidak dapat masuk dan tanaman tidak dapat berfotosintesis sehingga tidak ada lagi oksigen untuk kita bernafas.. Hal yang sama seperti saat kepunahan dinosaurus..

Klo ada yg bikin trit Yellowstone National Park. Gunung yg bisa menghancurkan 1/3 bumi..Salah besar.. Gunung yang menghancurkan 1/3 bumi adalah Gunung Toba..
Yellowstone dapat menghancurkan 1 bumi !!

2.Danau Toba.

Merupakan letusan gunung berapi yang paling dahsyat yang pernah diketahui di planet Bumi ini. Dan hampir memusnahkan generasi umat manusia di planet Bumi.
73.000 tahun yang lalu letusan dari supervolcano di Indonesia hampir memusnahkan seluruh umat manusia. Hanya sedikit yang selamat. Dan setelah Tsunami Gunung Berapi Di Indonesia menjadi Aktif sekali lagi dan mengancam umat manusia.
Letusan ini tidak bisa dibandingkan dengan apapun yang telah dialami di bumi sejak masa dimana manusia bisa berjalan tegak. Dibandingkan dengan SuperVolcano Toba, bahkan krakatau yang menyebabkan sepuluh ribu korban jiwa pada 1883 hanyalah sebuah sendawa kecil.
Padahal krakatau memiliki daya ledak setara dengan 150 megaton TNT. Sebagai perbandingan: ledakan Bom Nuklir hiroshima hanya memiliki daya ledak 0,015 megaton, dan secara lisan maka daya musnahnya 10.000 kali lebih lemah dibanding krakatau.
Seperti yang telah diketahui oleh para ilmuwan, toba hampir memusnahkan umat manusia 73.00 tahun yang lalu. Saat itu manusia neanderthal menghuni bumi kita bersamaan dengan homo sapiens di eropa, serta homo erectus dan homo floresiensis di asia. Saat itu sangat dingin di eropa, Zaman es terakhir ini berjalan lancar dimana kijang, kuda liar dan rusa raksasa diburu. Selain makanan herbivora, mammoth dan badak berbulu juga seringkali menjadi menu makanan manusia saat Toba, dengan diameter 90 kilometer di pulau yang sekarang dikenal dengan nama Sumatera.Meledak dalam arti yang sebenarnya.
Bersamaan dengan gelombang besar tsunami, ada 2.800 kilometer kubik abu yang dikeluarkan, yang menyebar ke seluruh atmosfir bumi kita. Yang mungkin telah mengurangi jumlah populasi manusia menjadi hanya sekitar 5000 sampai 10000 manusia saja.
Sebenarnya manusia jaman sekarang berasal dari beberapa ribu manusia yang selamat dari letusan super volcano Toba 73.000 tahun yang lalu
Oleh karena itu Gunung berapi di Indonesia bertanggung jawab atas hampir musnahnya umat manusia. Dan Dari 60 hingga 70 gunung berapi yang dapat ditemuai di area tersebut(Indonesia) sekarang. Beberapa diantaranya menjadi aktif kembali dalam beberapa bulan maupun beberapa minggu setelah gempa di dasarlaut pada bulan desember 2004.
Walaupun Toba sampai saat ini masih tertidur jauh dan aman dibawah sebuah laut besar yang menyandang nama sama di Sumatera Utara. banyak orang yang takut apabila suatu saat Gunung Berapi aktif di Talang yang berada 300 kilometer di selatan Toba meletus, bisa membangunkan Raksasa yang tertidur.
Vulkanologis Prof. Ray Cas mengatakan ‘Hal itu mungkin saja terjadi, tapi bila hanya Toba siap untuk meletus dan kejadian diatas bukanlah satu-satunya indikasi akan kejadian tersebut.”
Sang ahli tersebut berpikir bahwa mungkin saja suatu hari nanti letusan besar lain akan terjadi tapi hal itu baru akan mungkin terjadi sekitar 10.000 atau bahkan 100.000 tahun lagi.Tetapi biar bagaimana pun tidak semua hal dapat diprediksi.

3.


Comments on: "5 Supervolcano! di dunia" (2)

  1. bang varez said:

    bagus2

  2. Maha Besar Tuhan semesta alam yang menjadikan semua misteri alam semesta ini..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Awan Tag

%d blogger menyukai ini: