Tutorial | Games | News | Download

Mars adalah planet keempat dari Tata Surya kita, dan yang terakhir dari planet dalam. Ukuran Mars adalah sekitar setengah ukuran Bumi dan memiliki dua bulan, permukaan Mars merah akibat oksidasi besi di dalam tanah. Atmosfer Mars 100 kali lebih padat daripada Bumi dan terutama terdiri dari Karbon Dioksida. Meskipun Mars tidak memiliki musim, suhu hanya bervariasi dari dingin ke yang sangat dingin.

Pengamatan bumi terhadap Mars membuka jalan bagi eksplorasi kendaraan luar angkasa ke planet ini. Begitu banyak pertanyaan tentang Mars dan banyak jawaban yang belum terpecahkan. Salah satu pertanyaan itu adalah apakah ada kehidupan di Mars di masa lalu atau sekarang? Apakah ada air di planet mars? Jika demikian, ada air berarti ada kehidupan?

Kombinasi dari atmosfer tipis dan suhu rendah tidak memungkinkan adanya air di permukaan Mars. Air akan cepat membeku atau menguap. Hal ini meninggalkan teori kemungkinan bahwa tidak ada air di Mars (setidaknya di permukaan). Namun demikian, banyak fitur pada permukaan Mars yang tampaknya telah diciptakan oleh pergerakkan air. Permukaan geologi dari penampakan satelit sepertinya pada masa lalu planet ini memiliki kawah, gunung berapi dan jurang. Jika ada air di Mars itu berarti bahwa ada media di mana kehidupan bisa berkembang.

Mars lebih kecil daripada bumi dan memiliki jarak yang lebih jauh dari Matahari dibandingkan bumi dan lebih dingin. Jarak rata-rata Mars dengan Matahari adalah 228.000.000 kilometer. yang menyebabkan perbedaan hampir 42.000.000 kilometer antara jarak terjauh dari Matahari (disebut “aphelion”) dan jarak terdekat (“perihelion”). Sebagai hasilnya durasi empat musim Mars bervariasi satu sama lain, tidak seperti kasus di bumi mana setiap musim hanya berlangsung selama seperempat tahun.

Beberapa hasil foto dari beberapa satelit menunjukkan Mars sepertinya pernah ditinggali suatu kehidupan, namun musnah atau ditinggalkan karena perubahan ekosistem dan lingkungan alam dan atmosfernya. Tapi kita tidak akan pernah tahu apakah mars benar-benar menyimpan kehidupan di gua -gua atau gorong-gorongnya, sebelum kita bisa mendaratkan manusia yang bisa melakukan penelitian disana.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Awan Tag

%d blogger menyukai ini: